Siemens Buat ‘Parkiran Bus’ yang Bisa Isi Daya 45 Bus Listrik

pengisian daya bus listrik

topmetro.news – Zurich Public Transport Authority (VBZ) memberi kepercayaan kepada perusahaan teknologi asal Jerman, Siemens, untuk membuat tempat pengisian daya bus listrik mereka.

Zurich Public Transport Authority (VBZ) adalah perusahaan transportasi umum asal Kota Zurich, Swiss.

Bukan sekadar stasiun pengisian kendaraan listrik biasa. Namun Siemens membuat yang sangat besar, hingga mampu menampung 45 bus.

Proyek pembuatan ‘parkiran bus canggih’ ini sudah berlangsung. Di mana menurut rencana, akan mulai beroperasi pada awal 2022 yang akan datang.

“Terminal parkir bus yang ada seringkali tidak dirancang untuk dilengkapi dengan infrastruktur pengisian daya listrik. Dan penting untuk tidak mengganggu operasi yang sedang berlangsung saat memasang peralatan yang perlu,” ujar Birgit Dargel, Global Head of Future Grids di Siemens Smart Infrastructure melalui rilis resmi yang mereka unggah pada Kamis (15/7/21) lalu.

“Kami akan memasang sistem suspensi kabel yang sesuai, yang juga perawatannya sangat rendah. Dibandingkan dengan drum kabel umum lainnya. Akibatnya, lorong-lorong akan tetap bersih. Dan kendaraan yang masuk dan keluar tidak akan terhambat,” lanjut Dargel.

Charger atau alat isi ulang daya bus listrik ini pun tidak sembarangan. Siemens akan memasangkan alat isi ulang daya yang mampu mengisi baterai dengan cepat, selama masa parkir bus di malam hari.

“Terminal parkir bus ini, akan lengkap dengan 45 stasiun pengisian UC Sicharge. 30 dengan kapasitas pengisian 100 kW dan 15 dengan 150 kW. Kendaraan terutama akan mengisi daya melalui kabel dan konektor pengisi daya (standar CCS) selama istirahat malam hari,” tulis Siemens dalam rilis resminya.

BACA JUGA | Rencana Mobil Listrik Indonesia Bikin Negara Lain Terganggu?

Keseriusan Siemens

Siemens tampak serius dalam pengembangan infrastruktur kendraan listrik ini. Tercatat, sebelum Kota Zurich, Siemens sudah lebih dulu bekerjasama dengan otoritas transportasi umum di Kota Bern, Swiss.

sumber | detikOto

Related posts

Leave a Comment